Gembong Narkoba Masuk Daftar Terkaya Sedunia

Urutan ke 701 versi Forbes, Kekayaan Ditaksir Rp 11 Triliun

Gembong Narkoba Masuk Daftar Terkaya Sedunia
Gembong Narkoba Masuk Daftar Terkaya Sedunia
MEXICO CITY- Siapa bilang pelaku kriminal tidak bisa menjadi miliarder? Joaquin "El Chapo" Guzman gembong narkoba Meksiko kelas wahid masuk dalam daftar 1.000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 1 miliar (Rp 11 triliun).

   

Guzman belum berkomentar terkait namanya yang masuk dalam daftar orang terkaya tersebut. Redaktur Senior Majalah Forbes Luisa Kroll menyatakan pihaknya belum berhasil meminta konfirmasi pada yang bersangkutan. "Tapi kami mencatat bahwa bisnisnya masih berjalan dengan baik," katanya seperti dilaporkan Associated Press kemarin.

   

Dijuluki gembong bandar narkoba paling berpengaruh di Meksiko, pemerintah pernah mengadakan sayembara berhadiah USD 5 juta bagi siapapun yang bisa menangkap Guzman hidup atau mati. Sejak 2001 Guzman kabur dari penjara dengan bersembunyi di dalam truk laundri.

   

Saat itu, dia divonis lebih dari 20 tahun penjara atas keterlibatannya dalam berbagai tindak kriminal dan kasus penyuapan. Sumber resmi Meksiko menyebutkan Guzman adalah pentolan geng narkoba berjuluk Sinaloa. Namun, dia belum pernah dihukum karena tuduhan mengedarkan narkoba. Sinaloa diketahui sebagai kartel kokain terbesar yang menyuplai barang haram itu ke wilayah Amerika.

   

MEXICO CITY- Siapa bilang pelaku kriminal tidak bisa menjadi miliarder? Joaquin "El Chapo" Guzman gembong narkoba Meksiko kelas wahid masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News