Gempa Bumi Tasikmalaya

Gempa Bumi Tasikmalaya, 1 Meninggal Dunia, 5 Terluka

 Gempa Bumi Tasikmalaya, 1 Meninggal Dunia, 5 Terluka
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah kini mulai mendata kerusakan yang diakibatkan gempa bumi yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat yang berkekuatan 7,3 Skala Richter, 23.47 WIB, Jumat (15/12).

Lihat: Gempa 7,3 SR, Peringatan Dini Tsunami Jabar hingga Jateng

"Dampak gempa, terdapat banyak rumah dan bangunan mengalami kerusakan di banyak daerah. Data sementara telah dilaporkan BPBD ke Pusdalops BNPB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya, Sabtu 16/12) dini hari.

Selain bangunan, BNPB juga melaporkan salah seorang warga tewas tertimpa bangunan. Dia adalah Hj. Dede Lutfi, 62 Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.

Berikut dampak gempa yang berhasil di data BNPB:

1. Di Kabupaten Pangandaran terdapat 3 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan beberapa kerusakan rumah di Kecamatan Cimerak, Kecamatan Pangandaran, dan Kecamatan Sidamulih.

2. Di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis terdapat beberapa rumah ambruk dan rusak. 1 orang meninggal dunia (Hj. Dede Lutfi, 62) dan 2 luka-luka tertimpa bangunan roboh.

3. Di Banyumas terdapat 6 rumah rusak berat dan kerusakan di RSUD Banyumas, tembok retak dan pasien dievakuasi ke luar bangunan.

BPBD mendata kerusakan yang diakibatkan gempa bumi yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat yang berkekuatan 7,3 Skala Richter, 23.47 WIB, Jumat (15/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News