Gempa di Jabar, 2.935 Rumah Rusak

Gempa di Jabar, 2.935 Rumah Rusak
Petugas melihat salah satu ruangan di kantor Bupati Tasikmalaya yang roboh karena gempa di Tasikmalaya. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Jawa Barat bagian selatan pada Jumat (15/12) kemarin telah ‎menyebabkan empat warga meninggal dunia, 11 luka berat dan 25 orang luka ringan.

Korban meninggal masing-masing Dede Lutfi (60) warga Ciamis tertimpa bangunan. Kemudian Masiah (55) warga Ciamis yang terkena serangan jantung saat gempa.

Lalu Aminah (80) warga Kota Pekalongan tertimpa bangunan roboh, dan Fatimah (34) warga Bantul yang jatuh saat gempa dan meninggal di rumah sakit.

"Korban meninggal telah dimakamkan. Pemerintah akan segera memberikan santunan duka cita," ujar Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (17/12).

Gempa menurut Sutopo, juga mengakibatkan ‎2.935 rumah rusak. Rinciannya, 451 rumah rusak berat, 579 rumah rusak sedang dan 1.905 rumah rusak ringan.

Kemudian, ‎mengakibatkan kerusakan pada ‎46 unit sekolah/madrasah, 38 unit tempat ibadah, 9 kantor, dan 4 rumah sakit dan puskesmas.

Sebanyak 200 orang mengungsi di Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis.

Gempa tidak merusak sarana dan prasarana umum yang vital seperti jalan raya, jembatan, utilitas listrik, utilitas air minum, dan lainnya.

Sejumlah wilayah tersebut paling dekat dengan episentrum gempa sehingga intensitas gempa dirasakan lebih kuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News