Gempa Guncang Malang, Warga Berhamburan

Gempa Guncang Malang, Warga Berhamburan
Foto ilustrasi dok.Jawapos.com

jpnn.com - JAKARTA – Warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (3/3) siang sempat panik. Mereka berhamburan keluar rumah gara-gara ada gempa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) terjadi sekitar pukul 13:09:10 WIB.

Meski gempa berkuatan namun tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa ada di laut pada kedalaman 19 km di 81 km Barat Daya Kabupaten Malang Jawa Timur.

Gempa sangat terasa sedang hingga cukup keras di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang selama 5-10 detik.

“Masyarakat sempat panik berhamburan keluar rumah. Baik yang dekat pantai maupun yang jauh dari pantai,” kata Sutopo dalam keterangan persnya.

Selain di Malang, gempa juga dirasakan masyarakat hingga di Bantul dan Yogyakarta.

Guncangan gempa dirasakan dengan intensitas IV MMI di Karangkates, III MMI di Blitar, II-III MMI di Yogyakarta, II-III MMI di Nganjuk, II MMI di Lumajang, III MMI di Tulungagung, II MMI di Trenggalek, II-III di Bantul dan III-IV di Malang.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. BPBD masih melakukan pemantauan dan pendataan di daerah masing-masing," ujar Sutopo (iil/JPG)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News