Gempa Magnitudo 4,6 Mengguncang Lombok, Kedalaman 10 Kilometer

Gempa Magnitudo 4,6 Mengguncang Lombok, Kedalaman 10 Kilometer
BMKG melaporkan adanya gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang Lombok, NTB pada Selasa (25/1) pagi dengan kedalaman 10 kilometer. Ilustrasi Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bencana gempa bumi dengan magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat pada hari Selasa (25/1) pagi.

BMKG merilis pusat gempa terletak pada koordinat 8.78° LS; 116,14° BT atau berlokasi di darat dengan jarak 16.14 Km Tenggara Laut Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 kilometer.

"Pada pukul 05.14 Wita, wilayah Lombok diguncang gempa bumi tektonik," kata PLH Kepala Stasiun Geofisika Mataram Eka Sri Sulistianingsih.

Hasil monitoring juga mencatat adanya gempa susulan dengan kekuatan kecil.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme geser," ucap Sri.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat guncangan gempa.

BMKG melaporkan adanya gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang Lombok atau gempa Lombok, NTB pada Selasa (25/1) pagi dengan kedalaman 10 kilometer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News