Gempa, PM Tiongkok Batal Kunjungi RI

Gempa, PM Tiongkok Batal Kunjungi RI
Gempa, PM Tiongkok Batal Kunjungi RI
JAKARTA - Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Tiongkok Wen Jiabao ke Indonesia yang dijadwalkan pada 23-24 April mendatang resmi dibatalkan. Pembatalan tersebut terkait gempa 7,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Provinsi Qinghai dan berpusat di Yushu Rabu lalu (14/4).

 

"Kami baru dapat kabar (pembatalan kunjungan, Red) semalam dan pemerintah sangat memaklumi. Pemerintah RI telah menyampaikan belasungkawa atas bencana tersebut," ujar juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta, kemarin (16/4).

 

Lawatan PM Wen ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungan ke tiga negara di Asia Tenggara, termasuk Myanmar dan Brunei Darussalam. Akibat gempa di negerinya, Presiden Tiongkok Hu Jintao yang mengikuti KTT di Brazil juga mempersingkat kegiatan serta membatalkan kunjungan ke Venezuela dan Peru.

 

Gempa di Tiongkok merenggut hampir 800 jiwa. Faizasyah menyatakan, sampai kini tak ada laporan tentang korban jiwa warga negara Indonesia (WNI). "Dari kontak kita dengan KBRI di Beijing, tidak ada laporan korban WNI. Tapi, kita akan pantau terus," katanya.

 

JAKARTA - Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Tiongkok Wen Jiabao ke Indonesia yang dijadwalkan pada 23-24 April mendatang resmi dibatalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News