Gempa Sumbar Dongkrak Inflasi

Gempa Sumbar Dongkrak Inflasi
Gempa Sumbar Dongkrak Inflasi
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DR Rusman Heriawan mengatakan, gempa yang terjadi di Padang, Sumatera Barat dipastikan akan mempengaruhi angka inflasi sepanjang bulan Oktober 2009. Pasalnya, Wilayah sumbar terutama Padang, merpakan salah satu basis produksi crude palam oil (CPO).

 

"Pengaruhnya pasti ada, terutama di sektor distribusi barang-barang kebutuhan pokok. Namun lonjakan angka inflasi ini bisa dikatakan akan lebih terasa di daerah gempa," ungkap Rusman saat ditemui usai konferensi pers di kantornya, Kamis (1/10).

Selain itu, Rusman juga mengatakan hingga saat ini pihaknya belum dapat memprediksikan berapa nilai angka inflasi yang akan dicapai oleh kota Padang pasca terjadinya gempa. "Untuk inflasi bulan Oktober 2009, kota Padang menembus angka 1,56 persen," sebutnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengatakan, gempa Padang kali ini akan mempengaruhi angka pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, kota Padang merupakan basis produksi Crude Palm Oil (CPO). Selain itu, berbagai macam kerusakan infrastruktur di kota tersebut juga akan menimbulkan berbagai implikasi terhadap anggaran. (cha/JPNN)

JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DR Rusman Heriawan mengatakan, gempa yang terjadi di Padang, Sumatera Barat dipastikan akan mempengaruhi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News