Jumat, 14 Desember 2018 – 05:34 WIB

Gencar Digarap Prabowo, Tiga Segmen Ini Tetap Milik Jokowi

Jumat, 07 Desember 2018 – 13:35 WIB
Gencar Digarap Prabowo, Tiga Segmen Ini Tetap Milik Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno merebut suara kaum emak-emak, milenial dan umat Islam tampaknya kurang efektif. Pasalnya, hingga dua bulan berjalan masa kampanye, pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amien masih unggul di segmen-segmen tersebut.

Demikian temuan lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research yang dirilis hari ini, Jumat (7/12).

“Jokowi-Ma’ruf justru unggul pada tiga segmen yaitu pemilih perempuan dengan dukungan 57,8 persen, pemilih milenial 54,1 persen, dan pemilih Islam 53,7 persen,” jelas Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran persnya.

Sedangkan Prabowo-Sandi hanya unggul pada segmen pemilih terpelajar dengan dukungan 41,5 persen, terpaut tipis dengan Jokowi-Ma’ruf 43,2 persen. Padahal, tadinya segmen ini disebut-sebut sebagai pemilih Jokowi.

Dengan penampilan ganteng dan bergaya trendi, cawapres Sandiaga Uno yakin kubunya bakal mendulang dukungan dari segmen pemilih perempuan dan milenial.

Hal tersebut dikontraskan dengan figur cawapres Kiai Ma’ruf yang usianya jauh lebih tua dan berlatar belakang ulama konservatif. “Gimmick semacam itu tidak terbukti efektif merebut hati pemilih perempuan dan milenial,” ungkap Vivin.

“Sementara, kegagalan Prabowo-Sandi menggaet dukungan ulama menggerus dukungan pada segmen pemilih Islam,” lanjut Vivin.

Keunggulan Prabowo-Sandi pada segmen pemilih terpelajar ditengarai Vivin terkait dengan kemudahan akses informasi, yang ironisnya rentan terpapar oleh berita-berita bohong (hoaks).

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar