JPNN.com

Genjot Kapasitas SDM Tanjung Kelayang dengan Bimtek Sadar Wisata

Minggu, 07 Mei 2017 – 12:04 WIB Genjot Kapasitas SDM Tanjung Kelayang dengan Bimtek Sadar Wisata - JPNN.com

jpnn.com, BELITUNG - Langkah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memoles destinasi Tanjung Kelayang di Provinsi Bangka Belitung tidak hanya berfokus pada aksesibilitas, amenitas dan atraksi.

Kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu juga menempatkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci penting dalam mengelola destinasi yang kondang karena keindahan pantainya itu.

Pada 26-27 April lalu, Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar menggelar bimbingan teknis (bimtek) dalam rangka penguatan kelompok sadar wisata. Namanua bimtek Sapta Pesona dan Sadar Wisata.

“Pesertanya adalah 60 kelompok sadar wisata se-Kabupaten Belitung dan Belitung Timur,” ujar Larasati selaku person in charge (PIC) Tanjung Kelayang pada Pokja Destinasi Prioritas Kemenpar.

Selain itu, Kemenpar juga menggalakkan penggunaan platform Indonesia Travel Xchange (ITX) di kalangan pemilik homestay di Belitung.

Dalam rangka itu pula Kemenpar menggelar workshop penggunaan ITX untuk pemasaran homestay secara digital.

Menurut Laras, worskshop pemanfaatan ITX kepada para pemilik homestay itu digelar pada 28-29 April lalu. “Pesertanya 40 pengelola homestay,” sebutnya.

Lebih lanjut Laras mengatakan, objek wisata di Belitung bukan hanya pantai-pantai indah selerti Keciput Alam Indah di Desa Keciput di Kecamatan Sijuk, Belitung. Sebab, di Desa Keciput juga ada wisata religi yang bisa dikembangkan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...