Genjot Kualitas Guru Lewat UKG

Genjot Kualitas Guru Lewat UKG
Bu Guru dan siswa di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin mengatakan pihaknya akan meningkatkan kualitas guru Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat dengan menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG).

Jika pada UKG sebelumnya banyak yang menunjukkan hasil kurang memuaskan, maka diharapkan ada peningkatan.

"Diharapkan dalam UKG yang selama ini nilainya masih 6 bisa naik menjadi 8,5. Semoga bisa tercapai. Biasanya UKG dibiayai oleh pemerintah dan terbatas, maka tahun ini akan sharing anggaran dengan kementerian," jelas Muhaimin.

Selama ini para guru yang bisa mengikuti UKG terbatas dan tidak banyak. Namun dengan dilakukannya sharing anggaran antara kementerian dan Pemerintah Kota Balikpapan, diharapkan lebih banyak guru-guru yang bisa melaksanakan UKG.

"Kalau sudah melaksanakan UKG maka bagus, paling tidak mendapatkan tunjangan sertifikasi. Dengan begitu, jika mendapatkan sertifikasi kemampuannya meningkat, kesejahteraan juga meningkat," lanjut Muhaimin.

Ini yang diharapkan bisa menjadi pemacu agar semangat para guru makin meningkat untuk mengajar. Terlebih, tidak lama lagi juga akan ada penambahan tenaga guru dari hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebanyak 129 guru akan ditambahkan dari hasil seleksi beberapa waktu lalu.

"Tahun ini ada penambahan CPNS 129 orang yang sekarang sedang berproses di BKD. Nanti akan ada sebanyak 93 guru yang mengajar di Sekolah Dasar dan 34 guru Sekolah Menengah Pertama, selain itu sisanya K2," pungkasnya. (cha/kpnn/rsh)


Disdikbud Balikpapan akan meningkatkan kualitas guru dengan menggelar UKG (Uji Kompetensi Guru).


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News