Genjot UMKM untuk Tingkatkan Pengelolaan Pangan Lokal

Genjot UMKM untuk Tingkatkan Pengelolaan Pangan Lokal
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi memberikan arahan dalam workshop bertajuk Pengembangan Pangan Lokal di Bogor, Selasa (20/3) malam. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya untuk meningkatkan pengelolaan pangan lokal.

Pengayaan pengelolaan pangan lokal dinilai bisa meningkatkan ekonomi petani dan mendiversifikasi pangan agar tidak terpaku pada satu komoditas.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, diversifikasi pangan menjadi salah satu tema penting dalam pembangunan ketahanan pangan di Indonesia.

Upaya peningkatan diversifikasi pangan ditujukan untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman dalam mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif.

"Namun, selama ini kita banyak promosi, kurang produksi pangan yabg berbasis pangan lokal. Padahal Indonesia sangat kaya dengan pangan lokal," kata Agung dalam workshop Pengembangan Pangan Lokal di Bogor, Jabar, Selasa (20/3) malam.

Agung menjelaskan, untuk mewujudkan diversifikasi pangan, pihaknya menggenjot para UMKM untuk memajukan pengelolaan pangan lokal.

Dalam workshop ini, Kementan membina sebelas UMKM dan memberikan bantuan modal sebesar Rp 400 juta.

Agung mengatakan, jika dibandingkan dengan Thailand dan Singapura, pangan lokal Indonesia sangat kaya. Namun, Indonesia kalah dari segi pengelolaan sehingga tidak punya daya saing.

Diversifikasi pangan menjadi salah satu tema penting dalam pembangunan ketahanan pangan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News