Gerak Cepat Demi Pengembangan Destinasi Tana Toraja

Gerak Cepat Demi Pengembangan Destinasi Tana Toraja
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Kunjungan Wapres Jusuf Kalla yang mengajak Menpar Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ke Negeri di Atas Awan, Toraja, 21 Januari 2017 langsung ditindaklanjuti.

Pada 30 Januari 2017 lalu, sudah dilakuka Rapat Kordinasi Pengembangan Pariwisata Toraja yang dipimpin oleh Menko Maritim Luhut B Pandjaitan, di kantornya.

“Menko Maritim sudah memberikan arahan agar World Bank melakukan studi  Integrated Tourism Master Plan bekerjasama dengan UNHAS, UKIP, BPPT, Pemda, Kemenpar dan Kementerian PUPR,” kata Larasati Sedyaningsih, anggota tim 10 Top Destinasi yang dipimpin Hiramsyah Sambudy Thaib itu.

Rapat itu cukup serius, dan dihadiri oleh World Bank, Stafsus Wapres Sofyan Wanandi, Bupati Tana Toraja, Bupati Toraja Utara, Perwakilan Kepala Pusat BPIW (Kementerian PUPR), Direktur Bandar Udara (Kementerian Perhubungan), Asdep Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata (Kemenpar) , Asdep Pengembangan Infrastruktur, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Setwapres, Deputi Menko Kemaritiman Bidang SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Staf Khusus dan Pejabat di lingkungan Kemenko Maritim.

Cakupan studi yang dimaksud Menko Luhut B Pandjaitan itu adalah aksesibilitas udara dan darat, infrastruktur jalan, air minum/bersih, fasilitas kesehatan, listrik, toilet, hospitality, SDM dan kesiapan masyarakat.

Studi itu penting untuk mendapatkan gambaran yang konkret dan terukur dengan jelas. Menpar Arief Yahya menyebut, critical success factor menggarap destinasi Toraja adalah bandara atau aksesibilitas udara.

“Critical itu, sekali disentuh sudah akan banyak mempengaruhi destinasi wisata di Toraja. Jika ingin menjadi destinasi kelas dunia, ya bandaranya juga harus level dunia, atau international airport,” katanya.

Penetapan Prioritas Bandara untuk menjadi Akses International antara Bandara Buntu Kunik dan Bandara Pongtiku juga akan dilakukan melalui skema assessment.

Kunjungan Wapres Jusuf Kalla yang mengajak Menpar Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ke Negeri di Atas Awan, Toraja, 21 Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News