Gerakan Cinta Ciliwung Bersih PDIP Mendukung Keseimbangan Lingkungan

Gerakan Cinta Ciliwung Bersih PDIP Mendukung Keseimbangan Lingkungan
Ilustrasi - Satuan Brimob Polda Metro Jaya saat membersihkan kali Ciliwung. Foto: Dok. Brimob Polda

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Sakapurnama mengapresiasi langkah PDI Perjuangan (PDIP) yang berkomitmen dalam menerapkan politik lingkungan. Eko menganggap langkah PDIP melalui hari jadinya dengan tema Cinta Ciliwung Bersih perlu diikuti oleh partai politik lainnya.

"Ke depan, kita harus mendorong pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals, red) atau pembangunan berkelanjutan. Dan upaya mencapai goals ini bukan cuma tugas pemerintah. Jadi kalau parpol juga berinisiasi untuk pencapaian SDGs, sangat bagus," kata Eko saat dihubungi, Jumat (8/1).

PDI Perjuangan, lanjut dia, sebagai partai politik sudah melakukan terobosan dengan tema yang sebenarnya harus dipikirkan matang-matang oleh seluruh pemangku kepentingan bangsa ini. Dia menganggap fokus PDI Perjuangan ini sangat penting bagi kelanjutan bangsa dan generasi selanjutnya.

"Saat ini, bumi kita telah dieksploitasi lebih cepat daripada bumi merestorasi lingkungannya. Telah terjadi ecological divide," jelas dia.

PDI Perjuangan sendiri merupakan partai politik besar yang memiliki kekuatan di legislatif dan eksekutif, termasuk Presiden Joko Widodo sebagai kader. Karena itu, peneliti Center For Innovation and Governance (Cigo) FIA UI itu mengharapkan kebijakan prolingkungan hidup ini bisa menjadi terapan untuk mereka yang memiliki kewenangan di pemerintahan maupun di dewan.

"Kemungkinan akan banyak mendorong green policy yang mendukung keseimbangan lingkungan dengan sosial-ekonomi manusia," kata Eko.

Untuk diketahui, PDIP dalam menyelenggarakan HUT ke-48 mengangkat salah satu subtema Cinta Ciliwung Bersih, yang merupakan kelanjutan program Merawat Bumi. HUT ini akan dilakukan bersama dengan gerakan penghijauan serentak dan sekaligus gerakan membersihkan sungai se-nasional pada Minggu (10/1).(tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Langkah PDI Perjuangan (PDIP) dinilai berkomitmen dalam menerapkan politik lingkungan. Partai politik memang harus mendukung pemerintah dalam pembangunan yang berkelanjutan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News