Unit Kerja KLHK di Kalimantan Sisir Kawasan Konservasi dan Sungai Bersihkan Sampah

Unit Kerja KLHK di Kalimantan Sisir Kawasan Konservasi dan Sungai Bersihkan Sampah
Aksi bersih sampah di sungai. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, PONTIANAK - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Barat bersama-sama penggiat lingkungan, anggota manggala agni, sispala, mapala serta beberapa stakeholder melaksanakan bersih-bersih kawasan konservasi.

Peringatan HPSN 2019 dilaksanakan di 4 tempat, yaitu Cagar Alam (CA) Muara Kendawangan di Kabupaten Ketapang, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam di Kabupaten Sintang, TWA Tanjung Belimbing di Kabupaten Sambas, dan CA Raya Pasi (Gunung Poteng) Singkawang.

Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan momentum itu menjadikan semangat bagi semua pihak untuk berkomitmen menjaga kawasan konservasi, serta mengajak generasi muda belajar berbudaya bersih.

"Budaya bersih tidak hanya di rumah, sekolah, fasilitas umum, tapi dimanapun kita berada. Budaya bersih juga akan membawa pada hidup sehat. Ketika kita sehat, maka hidup kita akan lebih bernilai," ujar Sadtata di CA Raya Pasi.

Aksi serupa digelar Taman Nasional (TN) Kutai di tiga lokasi, yaitu Bontang Mangrove Park, Sangkima Jungle Park dan BPPUTK Sangatta yang melibatkan lebih dari 200 orang.

Sejumlah sampah yang dikumpulkan kemudian dipilah dan ditimbang. Jumlah sampah anorganik pada masing masing lokasi adalah Bontang Mangrove Park ± 120 kg, BPPUTK Sangatta ± 150 kg dan Sangkima Jungle Park ± 25 kg.

Sementara itu, Balai TN Kayan Mentarang melakukan aksi bersih dengan menyisir area Pusat Pemerintahan Kabupaten Malinau yang menjadi pusat kegiatan.

Hasilnya, selama kurang lebih 3 jam, para peserta berhasil mengumpulkan sebanyak 562,6 kilogram sampah plastik yang terkumpul dalam 72 kantong sampah.

Aksi bersih sampah tidak hanya dilakukan pada momen tertentu tapi harus dilaksanakan secara rutin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News