HPSN 2019 Jadi Momen Aksi Bersih di Kawasan Wisata Alam

HPSN 2019 Jadi Momen Aksi Bersih di Kawasan Wisata Alam
Kegiatan aksi bersih sampah kawasan wisata alam. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, dimanfaatkan unit kerja Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK dengan menggelar aksi bersih.

Hal ini juga dilakukan untuk terus menjaga tingkat kenyamanan dan kebersihan di destinasi-destinasi wisata, khususnya di kawasan konservasi.

Bersih sampah di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), terpusat di tiga lokasi. Lokasi tersebut yakni bumi perkemahan (buper) Ipukan, buper Palutungan, dan pendakian Apuy.

Ratusan peserta bergerak dalam aksi ini, baik dari pemerintah daerah, aktivis lingkungan, pelajar, dan masyarakat sekitar.

"Seluruh sampah ini akan diangkut dengan mobil sampah punya kami. Lalu diserahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Ciniru, Kuningan, Jawa Barat", kata Kuswandono, Kepala Balai TNGC di Kuningan, (4/3).

Tercatat 40 lokasi wisata alam telah berpartisipasi dalam aksi ini. Tak heran, puluhan karung berisi sampah plastik berhasil dikumpulkan.

Pada hari yang sama, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru menggelar aksi bersih sampah di dua tempat yaitu Laut Pasir Gunung Bromo dan view point B29 Argosari.

Acara tersebut diikuti± 500 orang yang melibatkan elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, dan pelaku jasa wisata.

Diharapkan setiap pelaku wisata maupun para wisatawan serta stakeholder lainnya memiliki kesadaran tinggi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News