Gerbong Pencinta Sandiuno Gelar Pelatihan UMKM Hingga Literasi Keuangan di Kendal

Gerbong Pencinta Sandiuno Gelar Pelatihan UMKM Hingga Literasi Keuangan di Kendal
Pelatihan UMKM yang diadakan sukarelawan Gerbong Pencinta Sandiuno di Kendal. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, KENDAL - Gerbong Pencinta Sandiuno merespons panggilan untuk membantu menciptakan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta dengan menggelar kegiatan kewirausahaan yang inovatif berupa pembuatan sabun cuci piring dari bahan alami dan literasi keuangan.

Kegiatan itu tidak hanya bertujuan untuk memberikan peluang pekerjaan baru tetapi juga meningkatkan pengetahuan baru mengenai pembuatan sabun dan keuangan, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam kegiatan yang diadakan di Aula Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, itu, para peserta dari berbagai UMKM dan sektor ekonomi kreatif antusias mengikuti pelatihan pembuatan sabun cuci piring dengan bahan alami.

Namun, yang membuat acara ini lebih istimewa adalah pendampingan literasi keuangan yang turut diselenggarakan.

"Pelatihan ini adalah jawaban atas keinginan masyarakat sendiri, terutama yang ada di Kabupaten Kendal, untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan yang lebih baik," ujar Vienkan Bahreyis, Koordinator Gerbong Pencinta SandiUno Jawa Tengah dalam siaran persnya, Kamis (7/9).

"Kami ingin memberikan pelatihan yang benar-benar dapat berdampak langsung pada lapangan pekerjaan, sesuai dengan target Pak Sandiaga Uno yang ingin menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," sambung Vienkan.

Sementara itu, untuk tujuan dari pelatihan literasi keuangan adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat "naik kelas" menjadi UKM. Ini mencakup pemahaman tentang laporan keuangan dan sistem investasi yang diperlukan dalam mengembangkan suatu bisnis.

"Di kegiatan ini kami juga ada pendampingan literasi keuangan, karena yang kami tahu saat ini pengetahuan mengenai keuangan itu sangat dibutuhkan oleh para UMKM," kata Vienkan.

Sukarelawan Gerbong Pencinta Sandiuno mengadakan pelatihan UMKM dan literasi keuangan di Kendal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News