Gereja Katolik Jerman Lecehkan Ribuan Anak-anak Selama 70 Tahun

Gereja Katolik Jerman Lecehkan Ribuan Anak-anak Selama 70 Tahun
Gereja Katolik Jerman Lecehkan Ribuan Anak-anak Selama 70 Tahun

Gereja Katolik di Jerman telah mengakui adanya masa yang 'menyedihkan dan memalukan' pelecehan anak-anak oleh kalangan gereja, setelah bocoran laporan menyebutkan adanya ribuan anak-anak yang menjadi korban pelecehan seksual selama 70 tahun.

Dokumen yang dibuat untuk Konferensi Wali Gereja Jerman itu menyebutkan adanya 1.670 pastor yang telah melakukan penganiayaan seksual terhadap 3.677 anak-anak, kebanyakan laki-laki, antara tahun 1946 sampai 2014, demikian dilaporkan majalah terkenal Jerman Der Spiegel.

Laporan itu mengutip bocoran dari penelitian yang dilakukan oleh tiga universitas di Jerman.

Uskup Agung Trier Stephan Ackermann mengatakan gereja sudah mengetahui banyaknya pelecehan seperti yang ditunjukkan dalam laporan.

"Ini adalah hal yang menyedihkan dan memalukan bagi kami." katanya dalam pernyataan hari Rabu (12/9/2018).

Bocoran laporan ini diterbitkan di hari ketika Paus Fransiskus mengundang para ketua Konferensi Wali Gereja dari seluruh dunia untuk menghadiri KTT guna mencegah adanya pelecehan seksual oleh para pastur dan melindungi anak-anak.

Ini dilakukan karena Vatikan semakin menyadari bahwa masalah pelecehan seksual yang dilakukan pastor mengancam apa yang sudah dilakukan gereja Katolik di bidang lainnya.

Pertemuan akan dilakukan 21-24 Februari 2019 dan akan melibatkan sekitar 100 uskup dari seluruh dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News