Gerhana Bulan Total 31 Januari, Peristiwa Alam Spektakuler

Gerhana Bulan Total 31 Januari, Peristiwa Alam Spektakuler
Gerhana Bulan. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com, MEDAN - Gerhana bulan total yang akan terjadi pada Rabu malam, 31 Januari 2018, merupakan yang terlama abad ini.

Spesialnya, gerhana ini akan terjadi dalam tiga fenomena sekaligus. Yaitu Super Moon, Blue Moon, serta Blood Moon.

Yang makin lebih spesial, gerhana ini terakhir terjadi di tanggal 31 Naret 1866. Kepala Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ((OIF UMSU) Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar menuturkan, fenomena alam tersebut akan melintasi di Kota Medan pada pukul 19.00-22.00 WIB.

Kata dia, waktu terjadinya gerhana bulan itu cukup lama untuk bisa diamati masyarakat. "Selama sekitar 3 jam fenomena alam ini terjadi. Namun, puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 20.30 WIB," sebut Arwin.

Menurutnya, gerhana bulan kali ini akan sangat menarik untuk diamati karena fenomena yang disebut 'Super Blue Moon' tergolong langka.

Dalam peristiwa ini, bulan akan tampak lebih besar dari biasanya dengan warna yang tampak sebagian kebiru-biruan dan kemerah-merahan.

"Peristiwa yang spektakuler ini menampilkan bulan purnama kedua bulan ini, juga dikenal sebagai Blue Moon. Acara ini akan bertepatan dengan gerhana bulan total, yang sering disebut sebagai 'bulan darah' karena bulan berubah menjadi warna kemerahan atau tembaga saat melewati bayangan bumi," paparnya.

Ia menyebutkan, berbeda dengan gerhana matahari, pengamatan gerhana bulan bisa dilakukan secara langsung dengan mata telanjang. Namun, akan menjadi sangat menarik jika melihat melalui teleskop.

Gerhana bulan total yang terjadi pada 31 Januari 2018 merupakan peristiwa alam yang spektakuler.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News