Gerhana Matahari Terlihat di Aceh selama 2 Jam 24 Menit

Gerhana Matahari Terlihat di Aceh selama 2 Jam 24 Menit
Gerhana matahari cincin, saat matahari dan bulan akan sejajar di atas bumi. ANTARA/REUTERS /Toru Hanai/am

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena alam gerhana matahari terlihat di Aceh, Minggu (21/6) siang tadi. Dalam pemantauan yang dilakukan Kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari parsial mulai terlihat pukul 13.18 WIB.

Pemantauan dilakukan di halaman Kanwil Kemenag Aceh secara tertutup serta menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin SE mengatakan, gerhana matahari parsial terjadi selama 2 jam 24 menit dengan besaran piringan bulan yang menutupi matahari sebesar 12 persen.

"Gerhana matahari parsial terlihat di Aceh mulai pukul 13.18.09 WIB, kemudian puncak parsial pada pukul 14.35.21 WIB, dan akhir gerhana parsial terjadi pukul 15.42.21 WIB," kata Saifuddin.

Dijelaskannya, gerhana matahari parsial terlihat jelas di Aceh, hanya saja beberapa saat sempat terhalang awan. "Pemantauan berjalan dengan sukses. Kami juga sudah mengimbau masyarakat di kabupaten/kota untuk melaksanakan salat gerhana," ujarnya.

Ada lima teleskop yang digunakan Kanwil Kemenag Aceh dalam pemantauan gerhana matahari parsial. Adapun teleskop yang digunakan yakni, Vixen VC200L, Vixen ED 100 sf, Williams 80 dan 2 unit Skywatcher E90.

Selain itu, Kanwil Kemenag Aceh juga menyiarkan secara langsung jalannya pemantauan gerhana matahari melalui channel YouTube Kemenag Aceh.

"Biasanya setiap kali gerhana kami buka untuk umum. Kami juga melaksanakan salat gerhana di sini. Namun karena dalam keadaan COVID-19, pemantauan dilakukan secara tertutup, dan kita siarkan secara langsung di channel YouTube," tandasnya. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Gerhana matahari terlihat di Aceh selama 2 jam 24 menit dengan besaran piringan bulan yang menutupi matahari sebesar 12 persen.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News