Gibran Dipuji Saat Bicara soal Fenomena Middle Income Trap

Gibran Dipuji Saat Bicara soal Fenomena Middle Income Trap
Wali Kota Surakarta yang juga Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres pasangan calon nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tampi luar biasa di arena debat cawapres.

Bahkan penyampaian Gibran menjelaskan secara tegas menyebut Indonesia harus keluar dari middle income trap.

Yaitu situasi dimana suatu negara sudah masuk pada negara pendapatan menengah ,hendak bergerak kependapatan yang lebih tinggi ,menjadi negara pendapatan negara maju.

“Ini adalah keputusan yang brilian sehingga kita tak perlu terpaku pada sektor bisnis yang itu-itu saja. Perlu adanya gebrakan untuk dapat memajukan ekonomi di Indonesia,” kata Wakil Ketua Relawan Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024, Roy Edison Maningkas dalam keterangannya

Middle Income Trap (MIT) adalah fenomena yang banyak mengancam negara-negara berkembang yang sedang berusaha membangun ekonominya.

MIT dimaknai sebagai suatu situasi di mana negara-negara berpendapatan menengah (middle-income countries) sulit meningkatkan posisi ke pendapatan tinggi.

“Jadi memang hilirisasi dijalankan jangan hanya untuk sektor ekstraktif saja. Hilirisasi tidak hanya sektor tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," imbuh Roy yang juga penasihat team 8 pendukung Jokowi.

Dia mengatakan ada banyak sektor yang untuk bisa memajukan sektor ekonomi. Salah satunya dengan lebih memperhatikan sektor ekonomi kreatif.

Gibran dalam debat cawapres menjelaskan secara tegas menyebut Indonesia harus keluar dari middle income trap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News