Gibran Punya Satu Permintaan Kepada Guru

Minggu, 02 Mei 2021 – 15:53 WIB
Gibran Punya Satu Permintaan Kepada Guru - JPNN.com
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Minggu (2/5/2021), mendorong para guru beradaptasi dengan teknologi. (ANTARA/Aris Wasita)

jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendorong para guru beradaptasi dengan teknologi.Hal itu guna memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

"Karena pandemi kan semua berubah cepat, terutama teknologi,” kata Gibran pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Balai Kota Surakarta, Minggu (2/5).

Putra Presiden Jokowi itu mengaku sudah berkunjung ke beberapa sekolah, dan melihat masih ada sejumlah guru yang belum menguasai teknologi. “Saya ke beberapa sekolah, masih ada beberapa guru yang belum menguasai aplikasi Zoom dan lain-lain," ungkapnya.

Gibran mengatakan pandemi memaksa para guru melakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dari jarak jauh. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa guru yang tidak mampu beradaptasi akan ditinggal.

“Misalkan guru yang tidak mampu menggunakan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran," kata dia mencontohkan.

Menurut dia, pandemi Covid-19 juga menghadirkan tantangan untuk berinovasi guna menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang efektif pada kondisi yang tidak biasa.

"Pandemi mengajarkan kita bahwa pendidikan bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah tetapi juga bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, menggunakan teknologi," katanya.

Menurutnya, momentum ini menyadarkan bahwa sekaranglah saatnya berinovasi, bereksperimen, beradaptasi untuk masa depan pendidikan yang lebih baik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...