Gibran Ungkap Cara Menekan Angka Stunting di Daerah Kumuh, Begini Katanya

Gibran Ungkap Cara Menekan Angka Stunting di Daerah Kumuh, Begini Katanya
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra M Irfan Yusuf Hasyim (kanan) saat menghadiri deklarasi Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) mendukung pasangan Prabowo-Gibran di Jakarta, Rabu (6/12/2023). FOTO: ANTARA/Hafidz Mubarak A/YU

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka menginisiasi salah satu cara mencegah stunting selain pemberian makan siang dan susu gratis kepada seluruh anak-anak di Indonesia.

Pencegahan tersebut yakni dengan cara melakukan intervensi dengan sanitasi dan pembenahan lingkungan untuk wilayah yang tergolong kumuh.

Hal ini dijelaskan Gibran secara gamblang pada siaran YouTube bertajuk Info A1: Kali Ini Gibran Bicara Panjang, Siap Debat? yang diunggah pada Rabu (6/12/202).

“Yang paling penting, bukan anak dan ibunya saja. Namun, juga misal daerah kumuh ini otomatis kalau ada daerah kumuh, pasti stuntingnya tinggi, perlu bedah rumah, sanitasi drainase yang baik, semua masalah terselesaikan,” jelas Gibran.

Adapun Gibran menyorot salah satu program yang digaungkan oleh pasangan Prabowo-Gibran yaitu pemberian makan siang dan susu gratis kepada anak-anak di sekolah, juga susu gratis untuk ibu hamil.

Ia juga mengatakan perlunya melakukan screening anak saat masa remaja, kesehatan para ibu juga perlu dimonitor hingga anaknya lahir.

“Pencegahan stunting dimulai dari remaja, jadi memang permasalahan stunting itu A-Z dan harus ada kerja sama lintas dinas. Kalau di Solo, di Dinas PUPR masalah pemukiman kumuh juga. Ya pokoknya lintas Dinas lingkungan, dan di beberapa RT-RW ada inisiasi kampung bebas rokok,” jelas Gibran.(ray/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengatakan stunting dapat dicegah dengan cara melakukan intervensi dengan sanitasi dan pembenahan lingkungan untuk wilayah kumuh


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News