Giliran Yunani Dilanda Gempa

Giliran Yunani Dilanda Gempa
Giliran Yunani Dilanda Gempa
ATHENA- Fenomena alam berupa gempa bumi mulai merata di seluruh belahan dunia. Setelah meluluhlantakan Haiti, kini gempa bergeser ke arah Eropa. Terbaru, gempa berkekuatan 5,1 pada skala Ricther mengguncang bagian tengah Yunani dan memporakporandakan puluhan rumah dan bangunan di kota tersebut. Belum ada laporan korban jiwa dari pemerintah setempat.

Kantor berita AP melansir keterangan pusat gempa terjadi di dekat kota Nafpaktos, sekitar 160 kilometer dari barat laut Athena. Gempa yang terjadi sekitar pukul 02.46 waktu setempat itu juga terjadi gempa susulan. Namun, kekuatan gempa susulan masih berkisar antara 4,4 hingga 4,7 pada skala Ricther.

"Sekolah terpaksa diliburkan, karena gempa merusak puluhan bangunan yang sudah tua termasuk sekolah-sekolah," kata petugas Institut Geodinamik.

Sebagaimana Indonesia, Yunani juga merupakan kawasan yang terletak di antara lempengan bumi yang sering sekali terjadi pergeseran dan berakibat pada gempa bumi. Gempa bumi terdahsyat terjadi pada tahun 1999 lalu dan menelan 143 korban jiwa.(AP/fuz/jpnn)

ATHENA- Fenomena alam berupa gempa bumi mulai merata di seluruh belahan dunia. Setelah meluluhlantakan Haiti, kini gempa bergeser ke arah Eropa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News