GKR Mangkubumi Berpeluang Besar jadi Penerus Takhta

GKR Mangkubumi Berpeluang Besar jadi Penerus Takhta
Sri Sultan HB X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Foto: Radar Jogja

jpnn.com, JOGJA - Posisi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi sebagai kandidat penerus takhta Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat semakin kuat. Ini setelah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 31 Agustus 2017 dan Sabdaraja 30 April 2015.

“Prosesnya melihat tiga prasyarat. Laku, lakon dan lampah,” ungkap Sekretaris Pawiyatan Pamong Fajar Sujarwo seperti diberitakan Radar Joga (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan putusan MK yang membatalkan pasal 18 ayat (1) huruf m UU No 13 Tahun 2012. Salah satu syarat calon gubernur harus menyertakan biodata istri dinyatakan oleh MK tidak punya kekuatan hukum. “Dengan putusan MK itu persyaratan menjadi gubernur DIJ tidak ada lagi nuansa diskriminatif,” ujarnya.

Dia kemudian bercerita soal pengalamannya menjadi moderator saat Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan makna Sabdaraja 30 April 2015 dan Dawuhraja 5 Mei 2015.

Penjelasan itu diberikan di Ndalem Wironegaran pada 8 Mei 2015. “Saya waktu itu yang memandu jalannya acara,” cerita pria asal Banjarnegara ini.

BACA JUGA: Ayo, Jadikan Pulau Derawan sebagai KEK Pariwisata

Sekadar mengingatkan, sabdaraja lima perintah. Di antaranya, keputusan Sultan mengubah nama dan gelarnya. Dari Sultan Hamengku Buwono X menjadi Sultan Hamengku Bawono Ka 10. Adapun dawuhraja berisi titah dari HB Ka 10 mengganti nama putri sulungnya dari GKR Pembayun menjadi GKR Mangkubumi.

“Perubahan nama itu berarti Gusti Mangkubumi telah menjadi putri mahkota,” tegas Jarwo. (kus)

Posisi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi sebagai kandidat penerus takhta kasultanan Ngayogyakarta semakin kuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News