GMC Adakan Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Dampingi UMKM di Mojokerto

GMC Adakan Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Dampingi UMKM di Mojokerto
Penyuluhan sertifikasi halal yang diadakan Ganjar Milenial Center di Mojokerto. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MOJOKERTO - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Timur menggelar penyuluhan sertifikasi halal untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Mojokerto.

Penyuluhan dilakukan di salah satu kafe di Dusun Lamongan, Desa Kalipuro, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jatim pada Minggu (28/5).

Sertifikasi halal sendiri merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh BPJPH berdasarkan fatwa halal tertulis yang dikeluarkan oleh MUI.

Koordinator Wilayah GMC Jatim Mahmud menyampaikan bahwa sertifikasi halal bukan hal yang sepele dan sangat penting untuk diterapkan pada UMKM.

"Sertifikat halal ini sebagai bentuk dukungan bahwa produk ini sudah punya label halal, sudah bisa dikatakan sudah terjamin. Baik itu dalam segi pengelolaan maupun bahan bakunya," ujar Mahmud dalam siaran persnya.

Lewat sertifikasi halal, Mahmud menyebut produk-produk dari pelaku UMKM akan terjamin kehalalannya, sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Berbagai jenis UMKM hadir dalam penyuluhan tersebut. Mulai dari minuman, makan-makanan ringan, hingga kopi kemasan. Mereka berasal dari berbagai daerah di Mojokerto.

Para pelaku UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut juga terpilih untuk didaftarkan sertifikasi halalnya oleh relawan GMC Jatim. Relawan akan mendampingi mereka dari awal hingga sertifikasi tersebut didapat.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center mengadakan penyuluhan sertifikasi halal serta mendampingi pelaku UMKM di Mojokerto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News