Gol Pemain Malaysia Jadi Terbaik Dunia

Gol Pemain Malaysia Jadi Terbaik Dunia
Mohd Faiz Subri. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Pemain Malaysia Mohd Faiz Subri mendadak jadi kondang, di dunia.

Sebuah gol yang dia ciptakan untuk Penang FA pada laga Malaysia Super League, Februari 2016, terpilih sebagai pemenang FIFA Puskas Award 2016. Gol terbaik di dunia 2016. Sejarah pun tercipta untuk sepak bola Malaysia. (Klik, lihat golnya)

Subri memenangi penghargaan bergengsi itu usai meraih total suara 59,46 persen. Dia mengungguli dua pesaingnya, Marlone (Brasil) dengan 22,86 persen dan Daniuska Rodriguez (Venezuela) dengan 10,01 persen.

Gol Subri memang tercipta dengan cara spektakuler. Bola hasil tendangan bebas Subri melintir dengan arah lengkung yang tidak normal serta menghujam ke pojok gawang Pahang FA.

Melalui FIFA Puskas Award, namanya bisa disejajarkan dengan pesepak bola kelas dunia lain yang juga pernah meraihnya seperti Cristiano Ronaldo (2009), Hamit Altintop (2010), Neymar (2011), Miroslav Stoch (2012), Zlatan Ibrahimovic (2013), James Rodriguez (2014), dan Wendell Lira (2015).

Dalam Gala Dinner yang digelar FIFA tadi malam, Subri pun sempat canggung karena berada di tengah sederet pesepak bola duna, baik yang masih aktif atau yang sudah berstatus legenda. Bahkan, trofi FIFA Puskas Award diterima Subri dari seorang legenda Brasil, Ronaldo Luis Nazario da Lima.

Subri sendiri tak mengira namanya bisa muncul sebagai pemenang. Meski sudah menyiapkan pidato yang dicatat di telepon genggam, rasa canggung semakin membuncah saat berada di atas panggung seremoni The Best FIFA Football Awards di Zurich, Senin (9/1) waktu setempat.

Dia sempat kebingungan mencari catatan pidatonya di ponsel. "Saya sangat grogi, beruntung saya bisa menemukan ini di ponsel saya. Terima kasih semua. Malaysia Boleh dan Haria Penang Haria," cuit akun @faizsubri131 dalam unggahan foto berisi materi pidato yang disimpan di ponsel pribadinya.

Pemain Malaysia Mohd Faiz Subri mendadak jadi kondang, di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News