Golkar Anggap SBY Paling Populer

Firman: Realistis, Berduet Kembali

Golkar Anggap SBY Paling Populer
Golkar Anggap SBY Paling Populer
JAKARTA - Kendati sejumlah pengurus daerah Golkar menginginkan partainya memunculkan capres (calon presiden) sendiri, beberapa pengurus pusat tetap menginginkan duet SBY-Kalla yang maju. Keinginan DPP Golkar mempertahankan duet tersebut diungkapkan Ketua Harian Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Firman Subagyo.  

Menurut Firman, kader Golkar seharusnya realistis dalam memandang Pemilu 2009. Jika melihat kondisi Partai Golkar saat ini dan pada pemilu lalu, partai berlambang pohon beringin itu akan sulit menang jika mengajukan calon sendiri. ’’Ini karena popularitas SBY sebagai presiden masih sulit disaingi kader Golkar mana pun. SBY sampai hari ini masih merupakan capres terpopuler menghadapi Pemilu 2009 mendatang,” tegas Firman.

Terkait dengan banyaknya kader Golkar yang menginginkan kadernya sendiri menjadi capres pada pemilu mendatang, Firman mengatakan bahwa hal itu sah-sah saja di era demokrasi ini. Menurut dia, UUD menjamin setiap orang berhak mencalonkan dan dicalonakan menjadi presiden. ’’Ya, kalau ada desakan bahwa capres harus dari orang dalam Golkar sendiri, itu sah saja. Namun, kita kan juga harus realistis. Kalau memang tidak bisa menang karena popularitas lawan lebih baik, maka dapat posisi nomor dua pun tidak jadi masalah,” ujar Firman.

Meski demikian, dia menambahkan bahwa keputusan tersebut belum final. Jika menjelang Pemilu 2009 ada tokoh yang mampu menyaingi popularitas SBY dalam survei, Partai Golkar juga akan realistis. Menurut Firman, tujuan utama Partai Golkar adalah memenangi pemilu legislatif dan pilpres. ’’Bisa saja kita dukung tokoh yang lebih hebat daripada SBY,’’ tandasnya.

JAKARTA - Kendati sejumlah pengurus daerah Golkar menginginkan partainya memunculkan capres (calon presiden) sendiri, beberapa pengurus pusat tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News