Golkar Dorong Malaysia Tingkatkan Kerja Sama Sektor Energi

Golkar Dorong Malaysia Tingkatkan Kerja Sama Sektor Energi
Setya Novanto, Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Partai Golkar melakukan pertemuan dengan United Malays National Organization (UMNO) dalam rangka kerja sama partai lintas negara di Malaysia, Jumat (5/8).

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengatakan pertemuan tersebut menghasilkan 4 poin kerjasama. Diantaranya, kerja sama partai politik, kerja sama keamanan wilayah, kerja sama perlindungan WNI, dan kerja sama ekonomi.

Ia berharap UMNO sebagai partai sahabat agar tetap solid dan kuat, dan sebagai sesama partai pendukung pemerintah dapat terus bekerja sama dengan baik.

"Saya berharap hubungan kedua negara ke depan akan semakin baik, terutama kerja sama di sektor ekonomi, perlindungan WNI, dan keamanan wilayah laut," ujar Novanto di hadapan petinggi UMNO, Malaysia, Jumat (5/8).

Dalam kesempatan itu, Novanto menjelaskan sejumlah kerja sama RI-Malaysia di bidang ekonomi dan sumber daya energi. Pada tahun 2013, volume perdagangan RI-Malaysia adalah senilai 24 miliar USD dan mengalami penurunan di tahun 2015 menjadi 16,6 miliar USD atau mengalami defisit sebesar 900 juta USD.

"Ke depan kita menargetkan volume perdagangan RI-Malaysia sebesar 30 miliar USD. Oleh sebab itu, kerja sama perdagangan kedua negara perlu kembali ditingkatkan," katanya.

Sementara untuk mendorong kerjasama ekonomi di sektor energi, Novanto menyebut Indonesia mengundang pemerintah Malaysia untuk "join eksplorasi migas" di Natuna.

"Sebagai upaya meningkatkan nilai investasi asing, kami juga mendorong keikutsertaan Petronas dalam mengembangkan blok Gas Natuna D-Alpha," singkat Novanto. (dil/jpnn)

JAKARTA - Partai Golkar melakukan pertemuan dengan United Malays National Organization (UMNO) dalam rangka kerja sama partai lintas negara di Malaysia,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News