Golkar Menang Telak di Tawau Malaysia

Golkar Menang Telak di Tawau Malaysia
Penghitungan suara Pileg di kantor Konsulat RI Tawau, Malaysia. Foto: Dokumentasi PPLN Tawau.

jpnn.com - TAWAU - Partai Golkar menang telak di Tawau, Malaysia. Kepastian itu setelah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) merampungkan seluruh penghitungan suara di seluruh tempat pemungutan suara yang disiapkan, Minggu (13/4). Termasuk penghitungan suara di drop box yang disiapkan bagi pemilih WNI yang bekerja di ladang-ladang atau perusahaan perkebunan seperti di Tawau, Kunak, Semporna dan Lahad Datu.

Jumlah raihan suara Golkar di lokasi ladang atau perusahaan perkebunan ini mencapai 48,50 persen atau 16.419 suara. Disusul NasDem 3.247 suara (9,59 persen), Demokrat 2.794 suara (8,25 persen).

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KRI Tawau Rofi’i, dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 40.258 di 32 titik ladang/perusahaan perkebunan, tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi.

Dari 34.233 surat suara yang sudah dicoblos oleh pemilih yang mayoritas menjadi TKI, surat suara yang sah sebanyak 33.852, tidak sah 381 suara, surat suara tidak terpakai 4.186 lembar, dan 1.839 surat suara yang tidak kembali.

“Ada 1.839 surat suara yang diambil tapi tidak dikembalikan oleh pemilih,” kata Rofi’i kepada JPNN melalui pesan tertulis, Senin (14/4).

Rofi’i menegaskan, mekanisme pelaksanaan dropbox yang disalurkan oleh petugas PPLN KRI Tawau, diserahkan lewat prosedur administrasi yang akurat dan transparan. Pelaksanaan sistem dropbox sendiri mulai dilakukan pada 31 Maret 2014.

Usai pemungutan suara pada 6 April, dropbox kemudian ditarik kembali oleh petugas yang terdiri dari wakil perusahaan di ladang, wakil TKI yang diawasi oleh keterlibatan para guru di Community Learning Center (CLC), dan pada 7 April mulai dibawa ke KRI Tawau.

Pada saat dilakukan penghitungan suara dropbox, secara mengejutkan ada beberapa caleg yang sengaja datang dari Jakarta untuk menyaksikan secara langsung penghitungan suara, di antaranya berasal dari Partai Golkar dan Demokrat. Para caleg ini didampingi para pendukungnya yang tinggal di sekitar kota Tawau.

TAWAU - Partai Golkar menang telak di Tawau, Malaysia. Kepastian itu setelah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) merampungkan seluruh penghitungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News