Golput Diperkirakan Capai 60 Persen

Golput Diperkirakan Capai 60 Persen
Golput Diperkirakan Capai 60 Persen
JAKARTA — Makin tingginya angka Golput di Indonesia menunjukkan buruknya parlemen di mata masyarakat. Diprediksi angka Golput yang saat ini berada di kisaran 40-50 persen akan naik menjadi 60 persen. Demikian diungkapkan Siti Zuhro, peneliti LIPI, di Gedung DPR RI, Jumat (1/8).

"Kasus Golput di provinsi yang lebih tinggi dibanding kabupaten/kota dikhawatirkan akan berimbas sampai ke pusat. Di mana pada pemilihan legislatif pusat, pemilihnya di bawah 50 persen," ujar Siti.       

Dari analisa Siti, berkurangnya tingkat kepercayaan masyarakat sehingga memilih Golput salah satunya juga dipengaruhi oleh tayangan infotainment. Di mana penikmat tayangan tersebut kebanyakan perempuan.

"Yang Golput kan banyak perempuan dan mereka senang melihat tayangan infotainment. Begitu diperlihatkan banyak anggota DPR yang ditangkap karena dugaan korupsi, tingkat kepercayaan mereka jadi berkurang," tutur Siti.    

Sedangkan Pengamat Politik Yudi Latief mengungkapkan, lemahnya kepercayaan masyarakat menyebabkan banyak Golput non ideologi. Dengan tingginya angkagolput, bisa dipastikan legitimasi akan rendah karena pemimpinnya hanya dipilih oleh 30-40 persen pemilih saja. (esy)

JAKARTA — Makin tingginya angka Golput di Indonesia menunjukkan buruknya parlemen di mata masyarakat. Diprediksi angka Golput yang saat ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News