Gonjang-ganjing Krisis Finansial Global

Gonjang-ganjing Krisis Finansial Global
Gonjang-ganjing Krisis Finansial Global
Penyelamatan atas American International Group (AIG) adalah peristiwa terakhir yang terjadi di sistem finansial AS sejak krisis di pasar kredit meletup 14 bulan lalu. Pada 16 Maret lalu, Bear Stearns Cos. Dibeli JPMorgan Chase & Co. dalam transaksi yang didukung pemerintah. Ini terjadi setelah sahamnya anjlok tajam dan kepercayaan investor jatuh.

Pada 11 Juli 2008, regulator federal turun tangan dengan mengambil-alih IndyMac Bank setelah kolaps akibat kredit ketat, jatuhnya harga rumah, dan tingginya jumlah rumah yang disita. IndyMac adalah bank terbesar yang pailit di AS.

Pada 7 September lalu, demi menstabilkan pasar perumahan, pemerintah AS mengambil-alih Fannie Mae dan Freddie Mac, dua perusahaan penyedia KPR terbesar di negeri adidaya itu. Keduanya menjamin dan menguasai sekitar separo KPR di AS.

Pada 10 September lalu, giliran Lehman Brothers (bank investasi terbesar ke-4 di AS) mengumumkan rencana penjualan setelah rugi USD 4 miliar (sekitar Rp 37,6 triliun). Mereka akan menjual atau melepas aset-aset realestat komersialnya.

Penyelamatan atas American International Group (AIG) adalah peristiwa terakhir yang terjadi di sistem finansial AS sejak krisis di pasar kredit meletup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News