Good, Program Transportasi dan Irigasi Tabanan Dicontoh Daerah Lain

Good, Program Transportasi dan Irigasi Tabanan Dicontoh Daerah Lain
Bupati Pinrang Aslam Patonangi dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, TABANAN - Terobosan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk membenahi sektor transportasi dan irigasi ternyata memikat pemerintah daerah lain. Bahkan, ada pemda lain yang berguru soal transportasi dan irigasi ke kabupaten yang dipimpin Ni Putu Eka Wiryastuti itu.

Kiprah Eka membenahi transportasi memang sudah memperoleh pengakuan. Dia pernah menyabet penghargaan Wahana Tata Nugraha, Anugerah Pangripta Nusantara dan Goverment Award untuk kategori transportasi publik.

Sedangkan untuk bidang pertanian, bupati berparas cantik itu pernah meraih Satyalancana Pembangunan. Eka juga meraih Kepala Daerah Inovatif dan Inews Maker Award untuk kategori inovasi pertanian.

Senin lalu (21/8) ada delegasi Pemerintah Kabupaten Pinrang dari Sulawesi Selatan yang menimba ilmu di tabanan. Delegasi itu dipimpin langsung oleh Bupati Pinrang Aslam Patonangi.

Menurut Patonangi, Pinrang merupakan daerah agraris. Kondisi geografis dan demografisnya ama seperti Kabupaten Tabanan. Kabupaten

“Pinrang pun ditunjang oleh ketersediaan air yang memadai. Oleh karena itu saya ingin melihat secara langsung sistem pengairan model Subak yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia,” ujar Aslam.

Lebih lanjut Aslam mengatakan, pihaknya juga ingin mempelajari pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Desa Jatiluwih. “Tujuan saya adalah langsung mengobservasi sistem irigasi PLTMH di area persawahan bertingkat Jatiluwih, dan saya juga tertarik mengunjungi Desa Wisata Pinge,” tuturnya.

Selain sistem irigasi, Bupati Aslam juga mempelajari kesuksesan program Tran Serasi. Menurutnya pembangunan transportasi publik di Tabanan memegang peranan penting untuk pelayanan kepada masyarakat.

Terobosan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk membenahi sektor transportasi dan irigasi ternyata memikat pemerintah daerah lain. Bahkan, ada pemda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News