Google-AP Sepakat Lanjutkan Kerjasama

Google-AP Sepakat Lanjutkan Kerjasama
Google-AP Sepakat Lanjutkan Kerjasama
SAN FRANSISCO - Google Inc akan terus memuat berita dari Associated Press di bawah kesepakatan baru tentang lisensi muatan. Dua perusahaan itu mengumumkan kesepakatan tersebut Senin (30/8), setelah beberapa bulan melakukan negosiasi yang terkadang meruncing.

Pihak AP dalam sebuah statment mengatakan bahwa dua perusahaan itu juga akan bekerjasama dalam beberapa dalam beberapa cara untuk meningkatkan penemuan baru dan distribusi berita. Hanya saja tidak disebutkan kesepakatan keuangan dari kesepakatan kerjasama itu.

"Kami pikir ini sebuah kesepakatan yang bagus untuk kedua belah pihak," ujar petinggi AP, Jane Seagrave. "Kami telah menjalin hubungan yang sangat lama dengan Google dan sangat senang kami mampu bekerjasama di antara perbedaan-perbedaan," lanjutnya.

Google adalah perusahaan internet paling menguntungkan, yang mulai membayar muatan dari AP setelah kantor berita itu mengancam akan mengajukan gugatan. Namun kontrak pada 2006 itu berakhir pada Januarti lalu, sementara negosiasi untuk kmesepakatan baru terus berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News