Senjata Laser Dimanfaatkan untuk Amankan Penjara

Senjata Laser Dimanfaatkan untuk Amankan Penjara
Senjata Laser Dimanfaatkan untuk Amankan Penjara
PENEGAK hukum di Los Angeles, Amerika Serikat, tak lama lagi akan meninggalkan pentungan, tameng, gas air mata dan bahkan senapan untuk membubarkan kerusuhan di dalam penjara. Peralatan tradisional yang tak jarang menimbulkan kematian itu akan digantikan dengan perlengkapan keamanan mutakhir berupa senjata sinar laser.

Senjata bernama Assault Intervention Device (AID) yang dikembangkan Raytheon itu, saat digunakan memancarkan sinar laser panas berdiameter seukuran piringan kompak (CD) yang bisa membakar kulit sasaran hingga kedalaman 1/64 inci. Senjata berdaya jangkau 80-100 kaki ini, awalnya dirancang untuk kendaraan taktis besar sejenis Hummer.

"Tak ada yang tahan lebih dari tiga detik, karena sakitnya tak tertahankan," kata Mike Booen, wakil presiden Raythoen seperti dikutip Foxnews, Rabu (25/8).

Rumah tahanan Castaic di California, akan menjadi lokasi percobaan pertama yang dipasangi senjata setinggi 7,5 kaki ini. Penjara Castaic tergolong rawan setelah tahun lalu terjadi perkelahian massal yang melibatkan tak kurang dari 400 tahanan.

PENEGAK hukum di Los Angeles, Amerika Serikat, tak lama lagi akan meninggalkan pentungan, tameng, gas air mata dan bahkan senapan untuk membubarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News