JPNN.com

Google Maps Dibanjiri Ratusan Ribu Akun Bisnis Palsu

Sabtu, 22 Juni 2019 – 21:36 WIB Google Maps Dibanjiri Ratusan Ribu Akun Bisnis Palsu - JPNN.com

jpnn.com - GOOGLE Maps beberapa waktu telah dibekali fitur navigasi yang dapat dikunjungi oleh para penggunanya, salah satunya ialah tempat bisnis.

Namun sayangnya, Google Maps saat ini dibanjiri dengan akun bisnis palsu dan nomer telepon yang mengalihkan ke bisnis lain.

Seperti dilansir dari The Verge, Sabtu (22/6), setidaknya ada sekitar ratusan ribu daftar palsu yang muncul di Google Maps setiap bulan. Layanan ini diperkirakan memiliki sekitar 11 juta bisnis palsu yang terdaftar.

BACA JUGA : PPDB 2019 Sistem Zonasi, Jarak ke Sekolah pakai Google Maps

Dalam studi akademik yang dilakukan pada 2017, Google mengklaim bahwa hanya 0,5 persen dari pencarian lokal merupakan daftar palsu. Namun hasil temuan dilaporkan Wall Street Journal menyarankan sebaliknya.

Menurutnya, dari 20 hasil pencarian ada 13 13 yang terdaftar menggunakan alamat palsu. Sementara itu, hanya dua bisnis yang peraturan mematuhi Google.

Salah satu pedoman yang menjadi patokan ialah lini bisnis tersebut menentukan titik di lokasi terbuka untuk para pelanggannya. Sedangkan mayoritas bisnis palsu tersebut justru tidak berada di lokasi seperti yang tertera pada Google Maps.

Biasanya bisni palsu ini berkisaran pada kontraktor, reparasi, atau layanan penarik mobil. Bisnis ini merupakan lini bisnis yang dibutuhkan dalam keadaan darurat, sehingga pelanggan biasanya tidak melakukan verifikasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...