Gorbachev Anggap AS Gagal di Afghanistan

Gorbachev Anggap AS Gagal di Afghanistan
Gorbachev Anggap AS Gagal di Afghanistan
WASHINGTON - Rapor Amerika Serikat (AS) dalam Perang Afghanistan masih merah. Di mata intelijen, militer Negeri Paman Sam itu gagal membungkam Taliban. Alih-alih mewujudkan perdamaian di Negeri Opium tersebut, pasukan AS justru membawa rakyat Afghanistan semakin terjerumus dalam konflik bersenjata.

"Gerilyawan (Taliban) justru semakin menunjukkan eksistensinya," kata seorang pejabat senior Pentagon dalam wawancara dengan The Washington Post kemarin (27/10). Menurut pejabat anonim yang terlibat dalam penilaian Perang Afghanistan itu, operasi membabi buta yang dilancarkan militer AS lewat udara maupun darat tidak mampu meredam serangan militan.

 

Memang, selama beberapa waktu, serangan udara maupun razia militer AS di sarang militan sukses membuat Taliban "diam". Tapi, saat militer AS yang didukung penuh pasukan koalisi merayakan kesuksesan mereka, Taliban membalas dendam. Biasanya, pembalasan yang selalu lebih kejam itu dilancarkan selang beberapa hari setelah operasi militer AS dan koalisi.

 

Bagi Taliban, siapa pun yang mendukung AS dan sekutunya adalah musuh. Termasuk, aparat pemerintah, warga biasa, atau pasukan Afghanistan sendiri. Organisasi militan yang didirikan Mullah Mohammed Omar itu pun tidak membutuhkan target sasaran. Karena itulah, dalam setiap serangannya, Taliban selalu sukses menumpahkan darah musuh.

 

WASHINGTON - Rapor Amerika Serikat (AS) dalam Perang Afghanistan masih merah. Di mata intelijen, militer Negeri Paman Sam itu gagal membungkam Taliban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News