Gorong-gorong Baru, Jalan Protokol Bebas Banjir

Kapasitas Cukup Menampung Hujan Paling Tinggi

Gorong-gorong Baru, Jalan Protokol Bebas Banjir
Gorong-gorong Baru, Jalan Protokol Bebas Banjir
MASYARAKAT Jakarta tak perlu khawatir lagi terjadi banjir di jalan protokol. Seperti di sepanjang Sudirman-Thamrin, saat ini, saluran dengan 1,5 meter x 1,5 meter yang baru selesai dibangun berfungsi efektif mengalirkan air hujan di lokasi tersebut. Apabila terjadi hujan deras di kawasan itu, antrean air yang masuk ke saluran relatif lebih cepat. Sehingga tidak menimbulkan genangan yang menghambat perjalanan kendaraan bermotor.

 “Proyek yang sebelumnya menuai kritik tajam dari masyarakat, kini menuai manfaat besar,” ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso.

Ia menegaskan, pembangunan gorong-gorong tersebut merupakan wujud respon Gubernur Fauzi Bowo terhadap keluhan yang dialami masyarakat selama ini. “Pihak yang mencuri penutup gorong-gorong itu merupakan oknum yang tidak menghendaki terciptanya keamanan dan kenyamanan di ruas jalan tersebut,” tandas Kukuh.

Sementara itu, DPU DKI Jakarta terus berupaya menyelesaikan masalah genangan air di ibu kota. Hingga tahun 2011, terdapat 106 titik genangan yang telah diatasi. Di tahun 2012, upaya pemantauan terus dilakukan terhadap genangan air di jalan arteri dan kolektor. Sehingga dapat mengantisipasi timbulnya titik genangan baru. Tahun ini, pemprov mengalokasikan anggaran sebesar Rp 28 miliar untuk penyelesaian titik genangan air baru. Bila ditemukan titik genangan air yang baru, segera dilakukan normalisasi saluran air.

MASYARAKAT Jakarta tak perlu khawatir lagi terjadi banjir di jalan protokol. Seperti di sepanjang Sudirman-Thamrin, saat ini, saluran dengan 1,5

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News