Tiket Busway Bisa untuk Belanja

Tiket Busway Bisa untuk Belanja
Tiket Busway Bisa untuk Belanja
MULAI April nanti, tiket elektronik busway akan berubah. Selain berfungsi sebagai tiket busway, kartu yang sama juga bisa digunakan untuk berbelanja sesuai saldo di dalamnya. Tiket elektrik baru ini rencananya akan diterapkan di seluruh koridor busway secara bertahap.

“Tahap pertama diterapkan di koridor VI Ragunan-Kuningan pada April nanti,” terang Dirut Bank DKI Eko Budiwiyono. Bank plat merah milik Pemprov DKI tersebut menjadi penerbit smartcard JakCard yang berfungsi sebagai tiket elektrik busway.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah menyiapkan penyedia solusi system electronic ticketing untuk operasional Transjakarta. “Kami sedang menyiapkan infrastruktur teknologi front end dan back end untuk system e-ticketing. Kerjasama ini juga turut melibatkan BLU Transjakarta sebagai operator layanan transportasi Transjakarta Busway,” beber Eko.

Pengembangan sistem baru ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama penggunaan kartu single trip, kartu multi trip dan Jakcard sebagai alat pembayaran dalam sistem e-ticketing Transjakarta pada Juli 2011 lalu. Setelah tahap pertama penggunaan JackCard akan diimplementasikan pada koridor Kuningan-Ragunan beres, ditargetkan pada Juli 2012 sudah bisa dirampungkan di 11 koridor Transjakarta.

MULAI April nanti, tiket elektronik busway akan berubah. Selain berfungsi sebagai tiket busway, kartu yang sama juga bisa digunakan untuk berbelanja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News