GP Ansor Gandeng Telkomsel Dirikan Posko Mudik di Jawa dan Lampung

GP Ansor Gandeng Telkomsel Dirikan Posko Mudik di Jawa dan Lampung
Nusron Wahid. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor telah menggandeng PT Telkomsel untuk mendirikan Posko Mudik Idul Fitri 1436 di sepanjang jalan pantai utara dan pantai selatan Jawa. Tak hanya di Jawa, posko tersebut juga sudah didirikan di beberapa titik di Lampung.

"Jumlahnya 171 posko termasuk Lampung. 36 titik bekerjasama dengan Telkomsel. Lainnya swadaya dan mandiri," ujar Ketua Umum GP Ansor, Nusron Wahid, di sela-sela kunjungan Idul Fitri Bersama TKI di Korsel, Kamis (16/7).

Posko ini didirikan sebagai sebuah upaya organisasi keagaamaan besar di Indonesia itu ingin hadir di tengah masyarakat. "Niatnya adalah ingin melayani umat NU dan masyarakat yang mudik dengan sebaik-baiknya. Membahagiakan orang pasti juga bagian dari ibadah. Apalagi mereka niatnya silaturrahmi," tandas Nusron.

Sementara itu, Komandan Satuan Koordinasi Nasional (Dansatkornas) Banser, Alfa Isnaeni menjelaskan, yang paling banyak posko di Jawa Tengah sebanyak 80 titik. "Dulu Jawa Barat, sebelum dibuka Tol Cipali. Tapi sekarang konsentrasi masalah ada di Jawa Tengah, terutama kawasan Pantura," katanya.

Para pemudik, menurut Alfa, dipastikan membutuhkan bantuan. Sebab mereka orang dalam perjalanan dan rentan masalah. Apalagi jumlahnya banyak dan waktunya bersamaan.

"Karena itu, selain menyediakan informasi, tempat salat dan istirahat, di posko juga dilengkapi dengan pijat refleksi, tempat penjualan pulsa dan makanan ringan," ujarnya.

Alfa menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahun. Hanya tahun ini sedikit berbeda, karena ada beberapa tambahan fasilitas di dalam posko yang ada.

"Ini bagian dari komitmen Ansor dan Banser menyampaikan Islam yang ramah dan hadir di setiap problem masyarakat. Semoga bisa berjalan lancar," pungkas Alfa. (adk/jpnn)


JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor telah menggandeng PT Telkomsel untuk mendirikan Posko Mudik Idul Fitri 1436 di sepanjang jalan pantai utara dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News