GP Ansor Gelar Kirab Satu Negeri Dari 5 Titik Terluar

GP Ansor Gelar Kirab Satu Negeri Dari 5 Titik Terluar
Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bertekad menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kehidupan yang majemuk dan damai.

Salah satu caranya dengan menggelar Kirab Satu Negeri bertema Bela Agama Bangsa Negeri dari lima titik terluar Indonesia mulai Minggu (16/9).

Lima titik pemberangkatan kirab adalah Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke.

Sebanyak 1.945 peserta kirab akan dilepas dari lima titik pada Minggu (16/9). Setelah itu mereka berjalan menuju seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan itu direncanakan berakhir di Yogyakarta pada 26 Oktober 2018. Pada puncak kirab nanti ada Apel Kebangsaan yang melibatkan seratus ribu anggota Banser dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kirab itu bertujuan memperkukuh konsensus kebangsaan di tengah berbagai kemelut dan ancaman yang dihadapi Indonesia saat ini.

"Selain itu, untuk menguatkan fungsi agama sebagai rahmah, compassion, dan sumber perdamaian," kata pria yang karib disapa Gus Yaqut itu, Minggu (9/9).

Dia menambahkan, melalui kirab itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk

Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bertekad menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kehidupan yang majemuk dan damai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News