GP Ansor Mau Berkongres di Atas Laut, Arenanya di KM Kelud

GP Ansor Mau Berkongres di Atas Laut, Arenanya di KM Kelud
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut memasangkan udeng kepada anak buahnya. Foto: dokumentasi GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar kongres XVI pada Jumat mendatang (2/2/2024). Uniknya, Pimpinan Pusat GP Ansor akan menggelar hajatan itu di atas Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni.

Menurut Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, peserta kongres organisasinya itu harus melalui akreditasi ketat.

“Akreditasi organisasi ini adalah tradisi baru organisasi untuk menyiapkan pemimpin dan kader GP Ansor yang telah diberi amanah dan berkomitmen melaksanakan amanah sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” kata Gus Yaqut -panggilan akrabnya- melalui siaran pers ke media, Senin (29/1/2024).

Gus Yaqut juga mengingatkan seluruh kader Ansor yang akan menghadiri kongres senantiasa memantapkan niat dalam berkhidmat kepada salah satu badan otonom atau banom di bawah Nahdlatul Ulama (NU) itu.

“Draf materi kongres yang akan kami bahas didesain agar GP Ansor secara organisatoris dan kadernya siap menyokong agenda besar NU merawat jagad membangun peradaban,” kata tokoh muda nahdiyin yang juga menteri agama di Kabinet Kerja itu.

Adapun Ketua Panitia Kongres XVI GP Ansor 2024 Addin Jauharuddin mengatakan kegiatan itu akan diikuti 1.700 kader. Tema kongres tersebut ialah 'GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan'.

“Tema ini menggambarkan sebuah peta jalan yang mengarah pada pembangunan spiritual, sosial, dan kebangsaan, menjadikan GP Ansor sebagai garda terdepan dalam menjaga identitas keislaman dan kebangsaan Indonesia,” ujarnya.

Addin menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Kongres XVI GP Ansor 2024 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar kongres XVI pada Jumat mendatang (2/2/2024). Presiden Jokowi akan membuka kongers itu di Pelabuhan Tanjung Priok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News