Greater Kepri Siap Kebanjiran Turis Tiongkok

Greater Kepri Siap Kebanjiran Turis Tiongkok
Foto: batampos.co.id

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Tindak lanjut kerja sama Citilink - Wanda Group Tiongkok yang disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya beberapa waktu lalu di Beijing mulai berdetak di Kepulauan Riau.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri memantapkan kerja sama itu dengan membuka akses penerbangan dari Tiongkok langsung ke Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang mulai  Desember 2016 nanti.

"Terbukanya akses internasional ini nanti akan memberikan kemudahan masuknya wisman (wisatawan mancanegara, red) ke Kepri," ujar Ketua Apindo, Cahaya usai bertemu Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (3/10).

Cahaya menambahkan, bandara yang akan digunakan untuk masuknya wisman-wisman asal Tiongkok itu nanti adalah Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional RHF, Tanjungpinang.  Wanda Group dikenal sebaadalah perusahaan properti yang juga memiliki tour and travel besar di Tiongkok.  "Mereka sudah komitmen untuk mendatangkan 500 wisman setiap harinya," jelas Cahaya.

Lebih lanjut Cahaya mengatakan, untuk melaksanakan kerja sama itu  perlu dukungan pemerintah daerah. Daerah-daerah yang menjadi destinasi andalan adalah Batam, Bintan, dan Karimun.

Sedangkan wisman selama ini masuk Kepri melalui  Singapura. "Ini adalah kesempatan untuk menarik wisman datang ke Kepri," katanya.

"Dari Hang Nadim, Batam akan melayani penerbangan umum ke Tiongkok. Sedangkan Bandara Internasional RHF, hanya melayani penerbangan wisata. Yakni pesawat carter langsung dari Tiongkok," ujar Cahaya menambahkan.

General Manager (GM) Wanda Group, Xie Hong mengatakan, kerja sama dengan Apindo Kepri merupakan tindak lanjut atas permintaan Kementerian Pariwisata saat berkunjung ke perusahaan properti raksasa Tiongkok itu beberapa waktu lalu. Ditegaskannya, ada 24 Kota di Tiongkok yang sudah siap bekerja sama.

TANJUNGPINANG - Tindak lanjut kerja sama Citilink - Wanda Group Tiongkok yang disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya beberapa waktu lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News