JPNN.com

Gua Jepang, Saat Itu Warga Digemparkan Kehadiran Orang Asing

Jumat, 14 Desember 2018 – 00:12 WIB Gua Jepang, Saat Itu Warga Digemparkan Kehadiran Orang Asing - JPNN.com

jpnn.com - Gua Jepang ini bisa menjadi lokasi wisata alternatif yang layak Anda kunjungi. Ada 20 gua yang berderet dan membentang di perbatasan Bantul dan Gunungkidul. Bonus lainnya, pemandangannya sangat indah, cocok bagi yang hobi foto-foto.

MEITIKA CANDRA LANTIVA, Bantul

Gua Jepang ini terletak di Padukuhan Ngreco, Surocolo, Seloharjo, Pundong, Bantul. Jika dari Jalan. Parangtritis, setelah Jembatan Kretek dapat ambil arah kiri hingga menemukan petunjuk jalan ke Gua Jepang. Sekitar 4 kilometer, sampai kita ke gua yang dimaksud.

Gua Jepang ini terbagi menjadi 20 gua. Ada 19 gua yang dikelola oleh warga setempat. Kecuali tiga gua dikelola oleh warga Bantul. Gua nomor 1, 18, dan 20 itu masuk kawasan Gunungkidul. Nomor 1 dan 18 berada di Desa Girijati, Gunungkidul, sementara nomor 20 berada di Parangtritis, Bantul. Namun warga hanya fokus dengan 19 gua saja, karena gua ke-20 belum memiliki jangkauan akses yang baik.

Untuk dapat sampai ke gua satu, harus menempuh jalan sekitar 1,8 Km. Selanjutnya ke gua 2 jaraknya 200 meter, berdekatan dengan gua 3 dan gua 4. Selanjutnya menuju gua lima, berdekatan dengan area parkir Gua Jepang.

Ada area istirahat yang menyediakan warung makan. “Gua ke-4 dan ke-5 ini jaraknya sekitar 200 meter,” ungkap Tukijan, salah satu pemilik warung, warga Ngreco RT 1.

Gua Jepang, Saat Itu Warga Digemparkan Kehadiran Orang Asing


Lorong di salah satu gua Jepang. Foto: MEITIKA CANDRA L/RADAR JOGJA/JPNN.com

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...