Gubernur Anies Tidak Khawatir Harga Melonjak Jelang Natal dan Tahun Baru

Gubernur Anies Tidak Khawatir Harga Melonjak Jelang Natal dan Tahun Baru
Anies Baswedan. Foto: ANTARA/HO/Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin harga pangan tidak akan melonjak jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Dia mengaku sudah menyiapkan suplai yang akan memuaskan permintaan pasar.

"Insyaallah aman karena implikasi naik-turun suplai kita aman, nah bagian kita memastikan suplainya karena begitu ada gangguan suplai harganya akan langsung fluktuasi, ini elastis sekali," kata Anies saat ditemui usai melakukan peletakan batu pertama IPAL Krukut di Karet Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (8/12).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan, Pemprov DKI melakukan dua langkah untuk memastikan ketersediaan pangan di hari-hari besar sehingga tidak kekurangan stok.

Pertama, melalui penyediaan stok-stok pangan yang dilakukan langsung oleh tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, yaitu PD Pasar Jaya, Sarana Jaya dan Cipinang Food Station sehingga pemerintah dapat mengontrol secara langsung kebutuhan pangan masyarakat menjelang libur Natal dan tahun baru.

Kedua, meminta SKPD terkait, yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta untuk memetakan wilayah-wilayah yang memiliki permintaan khusus untuk jenis pangan-pangan khusus.

"Ini sudah kita jalankan dua tahun terakhir, dengan cara seperti itu maka pembagian tugasnya jelas. SKPD fokus ke demand, yang BUMD fokus suplai, dengan cara seperti itu waktu bulan Ramadan lalu kita lancar tanpa ada lonjakan harga. Begitu juga Natal dan tahun baru, Insyaallah tahun ini juga pasokan aman," kata Anies.

Terkait operasi pasar secara khusus, Anies mengatakan belum merencanakan untuk melakukan blusukan ke pasar-pasar untuk memantau pergerakan harga pangan jelang Natal dan tahun baru. (ant/dil/jpnn)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin harga pangan tidak akan melonjak jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News