Gubernur Bali Dikukuhkan Jadi Ketua Mabida Pramuka

Gubernur Bali Dikukuhkan Jadi Ketua Mabida Pramuka
Gubernur Bali Wayan Koster saat acara pengukuhan dirinya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Bali. Foto: Antaranews Bali/Dok Pemprov Bali/2020

jpnn.com, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Bali, yang juga dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

“Gerakan Pramuka punya peranan besar dalam menciptakan dan mendidik generasi muda yang memiliki kepribadian, berbudi luhur dan Pancasilais, sekaligus mengembangkan sikap moral serta mental anak-anak kita," kata Koster saat menyampaikan sambutan pada acara pengukuhan tersebut, di Denpasar, Senin (27/1).

Koster yang dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Bali mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap geliat Pramuka, khususnya di Pulau Bali.

"Pramuka telah menjadi ekstrakurikuler wajib di berbagai jenjang pendidikan, dan saya berharap ke depan akan lebih banyak terobosan-terobosan yang dilakukan gerakan Pramuka, sesuai minat dan bakat anggota serta lebih mengikuti perkembangan zaman, ilmu dan teknologi," ucap Gubernur kelahiran Sembiran, Kabupaten Buleleng, ini.

Mantan anggota DPR RI tiga periode ini juga menyinggung Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yang di dalamnya memuat inti sari gerakan Pramuka serta struktur organisasi yang punya sejarah panjang sebagai organisasi kepanduan di Tanah Air tersebut.

"Saya sendiri turut membidani lahirnya Undang-Undang Gerakan Pramuka dan kini saya sangat berbahagia diamanatkan untuk menjadi bagian dari gerakan tersebut. Gerakan Pramuka, khususnya di Bali, bisa berperan penting dalam mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru," kata pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali tersebut.

Koster bersama anggota Mabida lain dilantik oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Mantan Kabareskrim Polri ini terlebih dulu menanyakan kesediaan Koster dan jajaran menjadi ketua dan anggota Mabida Gerakan Pramuka Bali dalam seremoni pelantikan dengan pengucapan sumpah "Tri Satya Pramuka".

Selanjutnya, Koster langsung melantik Pengurus Kwartir Daerah, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Masa Bakti 2019-2024 dengan pembacaan janji disaksikan Ketua Kwartir Nasional.

Gubernur Bali Wayan Koster dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News