Gubernur BI Tak Perlu Tunggu Pansus Century

Golkar Minta SBY Segera Usulkan Nama Calon ke DPR

Gubernur BI Tak Perlu Tunggu Pansus Century
Foto : REUTERS
JAKARTA - Fraksi Partai Golkar di DPR meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menunda-nunda pengusulan nama-nama calon gubernur Bank Indonesia ke DPR. Ketua Fraksi Golkar DPR, Setya Novanto, menyatakan bahwa lowongnya posisi gubernur BI membuat wibawa bank central itu semakin merosot. Karenanya, pengusulan nama-nama calon gubernur BI tak perlu menunggu Pansus Angket Bank Century berakhir.

"Kami berpandangan lebih cepat lebih baik. Kewibawaan Bank Indonesia dipertaruhkan. Semakin lama kosong (posisi Gubernur BI), maka BI akan dipandang sebelah mata oleh bank central lainnya, bahkan oleh perbankan di dalam negeri," ujar Novanto di sela-sela pertandingan sepakbola guna memperingati HUT Partai Golkar ke-42 di komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/2).

Ditanya tentang pernyataan Menko Perekonomian Hatta Radjasa bahwa Presiden SBY sudah sudah mengantongi nama-nama calon namun pengusulannya menunggu Pansus Angket Bank Century berakhir, Novanto menyatakan, hal itu tak perlu dilakukan. Pasalnya, pengisian gubernur BI sudah sangat mendesak.

Novanto menilai dunia usaha saat ini cenderung mandeg karena tingginya bunga bank. "Lihat saja bisnis lambat karena suku bunga tinggi. BI rate memang sudah cukup rendah, tetapi BI tidak punya daya tekan agar perbankan menurunkan suku bunga. Sampai saat ini suku bunga bank masih tinggi. Pendapatan bank dari bunga yang tinggi, bukan dari uang yang diputar. Ini sudah tidak bagus. Jadi janganlah ditunda-tunda lagi," cetusnya.

JAKARTA - Fraksi Partai Golkar di DPR meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menunda-nunda pengusulan nama-nama calon gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News