Gubernur DIY Dorong Warga Manfaatkan Material Merapi

Gubernur DIY Dorong Warga Manfaatkan Material Merapi
Gubernur DIY Dorong Warga Manfaatkan Material Merapi
BANTUL - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengku Buwono (HB) X tidak keberatan dengan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan materi vulkanik dari Gunung Merapi untuk keperluan ekonomis. HB X justru berharap masyarakat mampu mandiri dengan manfaat material itu dan tidak semata menunggu bantuan dari pemerintah.

Hal itu disampaikan HB X saat melihat jembatan Pandeyan Bantul yang patah diterjang lahar dingin dari Gunung Merapi, Sabtu (11/12). Dalam kesempatan itu, Pemda DIJ menyerahkan bantuan berupa 10 ribu karung, cangkul, dan sekop untuk warga di bantaran sungai yang masuk wilayah Bantul.

Fasilitas umum yang rusak akibat diterjang lahar dingin untuk sementara belum akan diperbaiki. “Jika dibangun lagi, pasti akan rusak karena material Merapi masih banyak,” ujarnya.

HB juga mengatakan, warga yang tinggal di bantaran sungai tidak perlu direlokasi. Namun demikian warga tetap diminta waspada saat terjadi banjir lahar dingin. “Tidak perlu relokasi, yang penting jika ada bencana segera cari tempat yang aman,” terangnya.

BANTUL - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengku Buwono (HB) X tidak keberatan dengan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan materi vulkanik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News