Rabu, 20 Februari 2019 – 20:19 WIB

Gubernur Gorontalo Sabet Penghargaan Ksatria Bhakti Husada

Jumat, 28 November 2014 – 04:04 WIB
Gubernur Gorontalo Sabet Penghargaan Ksatria Bhakti Husada - JPNN.COM

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyalami Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada puncak acara Hari Kesehatan Nasional, Kamis (27/11). Rusli meraih penghargaan Ksatria Bhakti Husada Kartika dari pemerintah pusat atas kiprahnya dalam menyehatkan masyarakat melalui layanan Jaminan Kesehatan Semesta untuk warga Gorontalo. Foto: Humas Provinsi Gorontalo for JPNN

JAKARTA - Kiprah Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo kembali menorehkan prestasi. Kali ini Rusli mendapat penghargaan tertinggi di bidang kesehatan, yakni Ksatria Bhakti Husada Kartika dari pemerintah pusat.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani pada puncak Hari Kesehatan Nasional, Kamis (27/11). Rusli yang juga Ketua DPD I Golkar Gorontalo itu itu dinilai berjasa karena telah menjadi  penggagas dan pendorong kesehatan masyarakat hingga mencapai universal health coverage melalui program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) yang telah terintegrasi dengan sistim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jamkesta menjamin warga miskin dengan premi kesehatan gratis sebesar kurang lebih Rp 20 ribu per bulan.

Program Jamkesta saat ini sudah menjamin 258 ribu jiwa di Gorontalo. Angka itu belum termasuk dengan jaminan kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah pusat dan kabupaten/kota.

Untuk tahun 2014 ini tidak banyak kepala daerah yang mampu meraihnya. Selain Rusli, hanya ada nama Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang menerima penghargaan serupa. Selebihnya ada dua wali kota, dua bupati dan 1 CEO yang juga menerima kehormatan tersebut.

Namun, Rusli justru menanggapi penghargaan bergengsi itu secara datar. Menurutnya, pembangunan kesehatan tidak berhenti sampai di penghargaan. Sebab, yang lebih dari itu adalah keseriusan semua pihak agar pembangunan di bidang kesehatan terus meningkat setiap tahunnya.

"Tentu saya berterima kasih atas penghargaan ini. Ini menjadi pembuktian bahwa kami sudah bekerja. Perlu diingat ini bukan tujuan akhir, masih banyak PR yang harus kami selesaikan," ujar Rusli merendah.

Lebih lanjut mantan Bupati Gorontalo Utara itu mengungkapkan, sektor kesehatan menjadi satu dari empat program prioritasnya bersama Wakil Gubernur Idris Rahim sejak dilantik tahun 2012 silam. Selain dijabarkan dalam bentuk program Jamkesta, sejumlah program lain juga terus digenjot. Di antaranya pembangunan rumah sakit provinsi serta peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

"Mulai tahun 2013 kami sedang menyiapkan rencana pembangunan RSUD Provinsi dr. Hasri Ainun Habibie. Masalah infrastruktur kami memang masih kurang, blum ada RSUD tipe A atau B. Anggarannya cukup besar, mudah mudahan pemerintah pusat bisa bantu untuk merealisasikannya," imbuhnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar