Gubernur Isran Noor Sebut IKN Nusantara Akan Menjadi Kota Terbaik Dunia

Gubernur Isran Noor Sebut IKN Nusantara Akan Menjadi Kota Terbaik Dunia
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (tiga dari kiri) menghadiri undangan talk show Ekspose Pembangunan Hijau Kaltim yang digagas oleh Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (8/6). Foto: Humas Pemprov Kaltim

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang terletak di sebagian Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan mega proyek yang dinilai tidak main-main.

Menurut dia, program pembangunan IKN telah didesain untuk tujuan pengembangan pusat pemerintahan terbaik di dunia, termasuk pengelolaan lingkungan hidup.

Isran menegaskan bahwa IKN di Kaltim akan menjadi kota terbaik di dunia. Misalnya, kota-kota di Kazakhstan.

Perkataan ini bukan klaim dari dirinya, melainkan pernyataan dari seorang arsitektur ternama asal Jepang Kisho Kurokawa yang merupakan arsitektur Kota Astana di Kazakhstan.

"Dia menilai arsitektur IKN yang didesain saat ini kalau betul-betul terwujud, maka itu akan menjadi desain arsitektur terbaik di seluruh dunia," sebut Isran Noor saat menghadiri acara di salah satu hotel di Samarinda, Rabu (8/6).

Menurut Isran, pernyataan itu disampaikan Kisho Kurokawa ketika seminar secara daring yang diikuti seluruh arsitektur di dunia dan Indonesia baru-baru ini.

Saat itu, lanjut Isran, Kisho Kurokawa berpendapat, desain arsitektur IKN itu menjadi kota yang sangat indah dan terbaik di dunia jika sudah rampung.

Bahkan, IKN akan menjadi contoh pembangunan terbaik di seluruh dunia. Apabila, desain awal pembangunan betul-betul diwujudkan. Karena, saat ini masih Kota Astana di Kazakhstan yang terbaik di dunia.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut IKN Nusantara akan menjadi kota terbaik dunia atas penilaian arsitektur asal Jepang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News