Gubernur Mengeluh, 19 Gedung Belum Terurus

Gubernur Mengeluh, 19 Gedung Belum Terurus
Gubernur Mengeluh, 19 Gedung Belum Terurus
JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta seluruh anggota DPR dan DPD asal daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat menggunakan kekuatannya untuk memanggil Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo guna mengingatkan mengenai belum beresnya penanganan pasca gempa bumi di Sumbar.

"Saya mau kongrit, mohon kiranya kalau tidak ada keberatan, kekuatan kita di parlemen ini memanggil Menteri Keuangan untuk mengatakan jangan kira Sumbar itu sudah selesai dari penanganan gempa bumi. Masih ada sekitar 50 ribu rumah masyarakat dan 19 gedung Pemerintah Daerah (Pemda) yang masih rata dengan tanah dan pegawai kita semuanya berserakan," kata Irwan Prayitno dalam acara pertemuan reguler Gubernur Sumbar dengan Kaukus Sakato, Parlemen Indonesia, di ruang rapat Pimpinan DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (20/5).

Disebutkan, ada 19 lebih gedung pemerintahan akibat gempa runtuh dan hancur yang hingga kini belum ada dana pembangunannya. Hanya gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) yang sudah beres.  "Saya ulangi belum ada danya untuk membangunnya."

Dikatakan, awalnya ada dana dari APBN untuk Sumbar sebanyak Rp6,4 triliun. Sekitar Rp3,3 triliun untuk bantuan rumah masyarakat itu sudah turun dan digunakan untuk membangun yang tuntas dalam tiga bulan. "Kami dapat award dari BNPB sebagai provinsi tercepat menyalurkan bantuan terhadap 154 ribu rumah dan memeliki track record terbaik dalam penanggulangan darurat. Itu tahap pertama, sisanya sekitar 50 ribu rumah dan sudah ada dananya Rp300 miliar," ujarnya.

JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta seluruh anggota DPR dan DPD asal daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat menggunakan kekuatannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News